Sekarang ini orang semakin nyaman dengan teknologi. Generasi yang sebelumnya dianggap tidak melek teknologi, kini justru memiliki lebih dari satu gadget. Mereka juga tergabung dalam jejaring sosial dan transaksi online.

Bicara masalah transaksi online, orang kini semakin dimudahkan dalam berbelanja. Namun, transaksi online bukan hanya masalah kenyamanan, tapi juga keamanan. Berikut ini beberapa masalah hal yang harus diperhatikan ketika melakukan transaksi online:

Belanja online

Belanja online telah mempermudah orang untuk mendapat tawaran yang bagus, dapat melakukan survei dengan membaca ulasan, dan berbelanja dari rumah. Namun, Anda harus berhati-hati saat belanja online. Jika tidak waspada, toko online mungkin akan menyimpan data pribadi Anda tanpa persetujuan dari Anda, menjual produk-produk bekas yang ditawarkan seolah baru, atau tidak mengirim produk yang sudah kita pesan.

Bahkan meski tidak bermaksud menipu, beberapa situs belanja online memiliki pelayanan yang buruk, kebijakan pengembalian barang yang tidak jelas, atau tidak dapat diakses ketika ada sesuatu yang salah.

Belanja secara online sebenarnya memiliki banyak keuntungan jika kita mengenal betul toko online tersebut. Yang Anda butuhkan adalah membatasi belanja Anda dan mengetahui fasilitas keamanan gadget dan komputer saat melakukan pembayaran online. Selain itu, Anda harus memastikan bahwa situs itu asli, dapat dipercaya, dan aman.

Jaringan

Penggunaan situs jejaring sosial bisa menempatkan keuangan dalam risiko. Banyak aplikasi di media sosial yang selalu minta informasi tentang diri Anda. Jika Anda, orang lain, atau anak-anak, hanya tinggal mengklik tombol OK, Apply, atau Save ketika aplikasi tersebut minta konfirmasi tanpa membaca peringatan-peringatan (jika ada), maka itu membahayakan Anda.

Bisa-bisa informasi pribadi atau nomor rekening Anda jebol hanya karena tidak membaca dengan baik peringatan-peringatan saat mengklik tombol-tombol konfirmasi seperti itu. Kecuali Anda sepenuhnya yakin akan keamanan aplikasi atau situs saat memasukkan informasi kartu kredit, silakan berhenti, dan pikirkan kembali.

Koneksi

Tersedianya jaringan hotspot Wi-Fi membuat internet bisa dilakukan di mana-mana. Namun, banyak yang lupa bahwa mengakses jaringan hotspot Wi-Fi akan membuat gadget dan komputernya terbuka dan rentan dijahili orang-orang tidak bertanggung jawab. Mereka bisa memantau apa yang Anda lakukan dan mengakses informasi Anda. Pastikan bahwa ketika Anda berada di jaringan hotspot Wi-Fi, Anda tidak melakukan online banking, membayar tagihan, atau bertukar informasi rahasia.

Jika memang terpaksa melakukan transaksi online di jaringan publik, segeralah periksa rekening menggunakan cara biasanya, seperti lewat ATM atau SMS banking. Dengan demikian, Anda akan segera tahu jika ada aktivitas transaksi yang aneh dalam rekening Anda. Sehingga Anda bisa melakukan tindakan secepat mungkin jika ada transaksi yang mencurigakan.