Memang jika ada barang baru, kecenderungan orang Indonesia adalah selalu ingin menjadi yang pertama untuk memilikinya. Jeleknya lagi, orang Indonesia rela pergi keluar negeri hanya untuk membeli barang tersebut karena di Indonesia telat masuknya. Hal tersebut terjadi pada barang apa saja, terutama perangkat mobile seperti iPhone dan juga smartphone Android.

Memang di Indonesia hampir semua gadget pasti telat masuknya. Moment ini dijadikan ajang adu gengsi bagi beberapa orang. Bukan hal aneh jika memiliki barang terbaru akan menaikan derajat sosial di masyarakat

Namun jika Anda membeli smartphone Android ataupun iPhone dari luar negeri pasti membawa resiko yang besar. Resikonya adalah Anda dianggap penyelundup jika membeli dalam jumlah banyak, dan jika membeli dalam jumlah sedikit (lebih dari 3) maka bisa saja perangkat Anda akan disita sebagian karena ada jumlah perangkat yang boleh dibawa oleh satu orang dari luar negeri.

Resiko yang lebih menakutkan lagi adalah perangkat yang Anda beli dari luar negeri tersebut tidak akan dicover garansinya oleh agen resmi di Indonesia karena dianggap sebagai barang BM black market, alias barang illegal. Dari mana mereka tahu? Dengan memeriksa IMEI iPhone atau smartphone Android, maka akan terlacak negara mana asal perangkat tersebut dan Anda tidak akan mendapatkan garansi resmi.

Meskipun demikian Anda akan tetap dilayani. Sebagai contoh, Apple Indonesia berkomitmen akan tetap melayani servis dan perbaikan segala macam perangkat buatan Apple walaupun termasuk sebagai BM, namun dengan biaya yang berbeda. Karena IMEI luar negeri tidak berlaku di Indonesia, maka servis yang diberikan tetap sama namun biaya yang dibebankan akan sangat berbeda. Walaupun perangkat Anda masih bergaransi, maka Anda akan tetap dikenakan biaya perbaikan dan biaya penggantian komponen.

Yang artinya Anda harus mempunyai uang lebih jika hendak menserviskan iPhone ataupun smartphone Android Anda pada agen resminya. Di Indonesia iPhone dijual resmi oleh Erafone dan juga Trikomsel dan bisa Anda beli di berbagai toko ritel Erafone dan iBox.

Mengetahui beberapa orang yang telah mencoba membeli smartphone Android dan iphone dari luar negeri ternyata harganya tidak jauh beda dengan membeli Indonesia serta tidak mendapatkan garansi yang jelas menjadi pembelajaran bahwa lebih bijak jika membeli melalui pasar lokal dan mendapatkan garansi yang jelas. Karena itu hak anda sebagai pembeli.

Namun, jika anda ingin membeli aksesoris original, unik, dan ekslusif anda bisa membelinya di luar negeri melalui search di google atau langsung membuka ebay. Anda bisa menggunakan bantuan kawanbelanja.com untuk mendatangkan barang tersebut. Langsung konsultasikan ke kami melalui email atau telepon secara gratis.